Posted by SCS

PT. DEM Hadiri Kegiatan Pengembangan Pasar Kerja Untuk Penyuluhan Bimbingan Jabatan

img

Selasa (24 September 2019) PT. DEM (Dharma Electrindo Manufacturing) mendapat kesempatan oleh pihak Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon untuk menghadiri kegiatan Pengembangan Pasar Kerja Untuk Penyuluhan Bimbingan Jabatan (PBJ) di SMK Presiden Kota Cirebon sebagai narasumber. Kegiatan PBJ ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Disnaker Kota Cirebon setahun sekali. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas XII. PBJ ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempersiapkan siswa agar ketika siswa lulus dari sekolah sudah memahami pilihan dan tujuan yang akan dipilih.

Kegiatan PBJ dibuka dengan sambutan dari Mimin Ratna S selaku Kasi IPK (Kepala Sie Informasi Pasar Kerja).  Dalam sambutannya  beliau menyampaikan bahwa Kegiatan Penyuluhan Bimbingan Jabatan dilakukan untuk memberikan wawasan dan Pengembangan siswa SMK untuk siap kedepannya bisa menetukan pilihan baik dalam bekerja atau melanjutkan pendidikan, terutama bagi siswa dari Kota Cirebon yang nanti ketika lulus sekolah sudah siap untuk bekerja. Hal yang sama pun juga disampaikan pula dalam sambutan pihak kepala sekolah. “Kegiatan Semacam ini (bimbingan jabatan untuk siswa ) sangat berguna sekali untuk anak-anak SMK Presiden khususnya siswa Kelas XII, sehingga nanti buat bekal mereka saat sudah lulus sekolah sudah bisa dan siap menentukan pilihannya terutama siap untuk bekerja di dunia industri, karena sekolah SMK memang di persiapkan untuk bekerja di industri”, ungkap Ichwanudin ,S.pd.MM.

Terdapat dua materi yang diberikan kepada siswa kelas XII. Materi pertama terkait dengan Eksplorasi Karir. Dalam materi ini, siswa diajak untuk memastikan bahwa jurusan yang dipilih sesuai dengan minat dan hal yang disukai, kemudian siswa diajak untuk mengeksplorasi pilihan-pilihan karirnya. Kemudian materi kedua terkait  dengan Tips Untuk Melamar Pekerjaan. Dalam materi ini siswa diberikan penjelasan dan pemahaman mengenai syarat-syarat apa saja yang perlu dipenuhi sebagai pelamar hingga bagaimana siswa siap untuk menghadapi berbagai tes melamar pekerjaan. Kegiatan yang berlokasi di Karang Jalak Mekar Sunyaragi Cirebon diikuti sebanyak 35 siswa/i. Tampak sangat antusias seluruh siswa/i dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PBJ.