Posted by Admin DAC

Ini Batik Kami, Mana Batikmu?

img

                   Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik  sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO (Wikepedia). Setiap tanggal 2 Oktober, beragam lapisan masyarakat mulai dari pejabat pemerintah, pegawai swasta, dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

 

                      Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO  secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

                    Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga mengenakan batik apalagi sudah diakui di dunia internasional. Seprtinya tidak hanya di hari Batik Nasional saja, batik dikenakan. Beberapa instansi menetapkan untuk setiap hari Jum’at wajib mengenakan batik. Begitu juga yang dilakukan oleh PT Dharma Precision Parts, setiap Jum’at untuk para staf wajib menggunakan atasan batik dengan bawahan tetap celana kerja.

                  Hari ini, Rabu terasa hari Jum’at karena kami mengenakan batik yang biasa hanya dipakai setiap hari Jum’at. Jangan galau dengan batik yang terkesan kuno dan jadi lebih tua. Batik zaman now sudah mengikuti trend anak muda, jadi bisa tetap tampil trendy dan nyentrik walaupun berbusana batik. Cintai aneka ragam budaya negeri tercinta. Ini lho gaya kami berbatik, mana gayamu?

 

Selamat Hari Batik Nasional, 02 Oktober  2019