Posted by Admin DAC

MAU PILIH WARNA APA?

img

Oleh Diandra

Bulan Agustus memiliki suasana khasnya sendiri, dimana kita sebagai rakyat Indonesia memperingati dan merayakan hari Kemerdekaan Indonesia. Bulan kedelapan ini selalu terasa meriah dan lebih semangat di berbagai tempat, dan tidak terasa di bulan lainnya. Semua itu bisa terlihat dari meriahnya dominan warna merah dan putih yang menghiasi setiap sudut kota. Jika kita perhatikan, di setiap sisi jalanan di daerah manapun akan terhiasi kedua warna tersebut mulai dari pagar rumah, balon-balon yang digantung, gapura yang dihias, spanduk ucapan bertema Hari Kemerdakaan, umbul-umbul sepanjang trotoar, dan tentu saja tidak lupa Sang Saka Merah Putih yang berkibar di setiap tiang bendera dari rumah sampai gedung besar. Bahkan, dalam kegiatan atau hari tertentu kita kerap menggunakan pakaian dengan tema warna merah dan putih, atau bahasa kerennya dresscode. Terbayang kan kemeriahannya?

Kemeriahan seperti itu tidak pernah terlewatkan di setiap tahunnya, dari mulai saya kecil sampai dewasa sekarang, selalu sama rasanya. Saya rasa begitu juga dengan Anda sekalian, tidak pernah melewatkan kemeriahan dan semangat di bulan Agustus ini. Namun, pernahkah Anda berpikir, “Kenapa selalu bernuansa warna merah dan putih?” Tentu saja jawabannya mudah! Itu karena warna bendera kita, bendera negara Indonesia yang berwarna merah di bagian atas dan putih di bagian bawahnya, biasa juga kita sebut sebagai Sang Saka Merah Putih atau Sang Merah Putih. Sang Merah Putih pertama kali dijahit oleh Ibu Fatmawati, Ibu Negara pertama kita pada tahun 1945, dengan mesih jahit tangan. Lalu, adakah makna di balik warna tersebut?

Seperti yang kita tahu, pada dasarnya warna merah melambangkan darah sebagai keberanian para pahlawan dan warna putih melambangkan kesucian hati rakyat Indonesia pada masa perjuangan. Sejak di bangku sekolah dasar pun, khususnya pada mata pelajaran sejarah begitulah makna di balik warna merah putih, baik yang disampaikan bapak/ibu guru juga di dalam buku pelajaran. Dari sumber yang lainnya, kita juga bisa mendengarkan dan melihat pada lirik lagu wajib nasional berjudul Bendera Merah Putih ciptaan Ibu Sud, pada lirik lagu tersebut dinyanyikan demikian, “… Bendera merah putih, pelambang berani dan suci .…” Begitu pula tertulis juga pada lirik lagu Berkibarlah Benderaku ciptaan Addie M. S., “Berkibarlah benderaku, lambang suci gagah perwira …” sesuai ya. Jadi bisa disimpulkan dari pelajaran di sekolah dan dari lirik lagu bahwa warna merah pada bendera kita melambangkan keberanian dan kegagahan suatu bangsa, serta warna putih melambangkan  kesucian hati bangsa Indonesia.

Ternyata tidak hanya itu arti dari warna merah dan putih pada bendera kita, banyak arti dan makna lain dari kedua warna tersebut. Dari beberapa sumber yang saya baca warna merah melambangkan raga manusia dan warna putih melambangkan jiwa manusia, keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa raga rakyat Indonesia untuk memiliki semangat berjuang. Warna merah juga berarti melambangkan tanah dan warna putih melambangkan langit atau bisa juga getah tumbuhan, yang berarti alam yang saling berpasangan dengan tanah yang subur. Sumber lainnya mengatakan, warna merah melambangkan warna gula jawa (gula aren) dan warna putih melambangkan warna nasi, yang kala itu merupakah bahan pokok yang masyarakat Indonesia miliki dan sebagai makanan pokok kita. Secara utuh Sang Saka Merah Putih melam-bangkan nilai kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme. Bahka pada masa kerajaan Indonesia,  bendera merah putih digunakan sebagai panji-panji yang melambangkan kebesaran dan kekuasaan suatu kerajaan. Sampai pada akhirnya bendera merah putih diresmikan sebagai bendera nasional Indonesia pada 17 Agustus 1945 melambangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dari sekian banyaknya makna di balik warna bendera kita, adakah makna yang menggambarkan dan sesuai dengan identitas diri kita secara individu, atau bahkan identitas seluruh rakyat Indonesia? Atau jika boleh memilih, akankah Anda memilih warna lain pada bendera atau lambang kenegaraan lain untuk memberi makna atau memberikan indentitas pada diri kita, bangsa kita? Sebagai anak bangsa Indonesia yang muda dan memiliki kreatifitas tinggi, mungkin saja kita membayangkan warna-warna lain yang lebih cerah, nyentrik, atau lebih banyak untuk lambang negara kita. Misalnya dengan warna hijau yang melambangkan kesuburan tanah Indonesia, rasa nyaman dan tentram, atau kesejukan dari bangsa kita. Atau ada warna lainnya, di tengah hiruk-pikuk dunia politik, polusi udara, atau keributan-keributan yang terjadi kita mendambakan perdamaian dan ketenangan yang bisa tergambar dari adanya warna biru. Lainnya, masyarakat Indonesia yang selalu menjadi masyarakat paling ramah dan hangat bisa tergambarkan dari adanya warna orange atau jingga pada bendera kita. Tapi apakah warna-warna tersebut lebih bisa menggambarkan identitas kita bangsa Indonesia?

Pada dasarnya warna merah putih pada bendera Indonesia memiliki sejarah dan maknanya sendiri. Sampai sekarang nilai dari kedua warna tersebut tertanam pada diri kita sampai keturunan kita nanti, menggambarkan siapa kita, identitas kita. Jika saya boleh memilih warna sebagai identitas saya dan Indonesia, pilihan saya tetap pada warna merah dan putih, itu sudah identitas kita dan melekat pada diri kita. Karena kita merah putih, kita Indonesia!

Tagged with: