Posted by Superadmin

Pembacaan Buku Dharma Culture PT. Sankei Dharma Indonesia

img

Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni (Wikpedia). Terkait dengan pengertian budaya yang terbentuk dengan banyak unsur dan pola pada sebuah kelompok orang, untuk itu bagaimana terciptanya budaya yang baik dan menjunjung tinggi sebuah tujuan.

Perusahaan pun tentunya butuh sebuah budaya untuk mempermudah dan mengarahkan sebuah perilaku semua karyawannya untuk mencapai sebuah tujuan. Dari hal yang paling sederhana yang sering dilakukan dan secara terus menerus, hal tersebut akan terbentuk menjadi sebuah budaya, namun pertanyaannya bagaimana cara sebuah perusahaan menerapkan atau menginternalisasi nilai-nilai budaya tersebut, menurut Mohamad Wahyudin, SH (Maret 2011) ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk membuat karyawan terbiasa dengan nilai-nilai perusahaan yang Pertama yaitu dengan cara pemberian sistem paksa – rela, yang Kedua Leadership / Kepemimpinan (Contoh figure), dan yang Ketiga Pelatihan yang sistematis dan berkesinambungan.

Ketiga cara tersebut dilakukan oleh PT Sankei Dharma Indonesia untuk mempermudah pencapaian Visi dan Misi, tidak hanya dengan cara tersebut, Menegement PT Sankei Dharma Indonesia menerapkan sistem Perilaku yang terus diulang-ulang dan akan membentuk sebuah kebiasaan, secara tidak sadar kebiasaan tersebut akan menerapkan sebuah polapikir yang sangat berpengaruh terhadap perilaku karyawannya sehari – hari, yang paling sederhana adalah dengan cara membaca nilai-nilai perusahaannya setiap selesai meeting, briefing maupun kegiatan formal yang lainnya, pembacaan buku culture tersebut menjadi sebuah keharusan dan kebiasaan yang dilakukan oleh semua lapisan karyawan PT Sankei Dharma Indonesia.

Redaksi : Rendi permadi

Sumber :

http://wahyudindlu.blogspot.co.id/2011/03/proses-internalisasi-budaya-perusahaan.html 

https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Tagged with: