Posted by Superadmin

Kompetisi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) untuk setiap bagian PT. Sankei Dharma Indonesia

img

Kebersihan dan kerapian merupakan nilai yang paling sederhana yang harus ada pada tempat kerja, dengan melihat tempat kerja yang rapi dan bersih harapnya dapat meningkatkan semangat dan kenyamanan pada tempat kerja. Umumnya pada perusahaan manufactur konsep 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap karyawan, dengan harapan pekerjaan yang dilakukan menjadi efektif dan efisien baik dari segi waktu, tenaga dan tempat kerja, sehingga tempat kerja yang secara tidak sadar akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk ditempati, dengan harapan lagi tempat kerja tersebut menjadi tempat kerja yang nyaman, aman, sehat dan tempat mencari pahala yang tepat.

Untuk itu PT Sankei Dharma Indonesia membuat kompetisi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) pada setiap bagian termasuk bagian yang mengurusi fasilitas umum. Setiap minggu tepatnya pada hari jumat pagi semua pimpinan perusahaan melakukan audit secara sistematis yang dibantu oleh bagian 5R untuk mengecek tempat kerja yang belum atau perlu untuk diperbaiki. Jadwal yang jelas dan terukur menjadi tolak ukur semua bagian untuk berlomba – lomba memenangkan kompetisi tersebut. Untuk selanjutnya disetiap 3 (tiga) bulan sekali management akan mengakumulasi nilai-nilai dari hasil audit yang dilakukan oleh para pimpinan dan mendiskusikan bagian mana yang paling tinggi nilainya dan mana bagaian yang paling rendah nilainya.

Setelah selesai melakukan pengakumulasian nilai dan diskusi, kemudian pemenang akan diumumkan pada hari senin pagi setelah briefing pagi, nilai tersebut akan dirangking dan disebutkan mana tempat kerja yang paling rendah nilai 5R nya sampai pada 5R nya paling bagus, pemenang 5R yang paling tinggi akan mendapatkan hadiah makan siang bersama dengan manajemen, dan yang kalah atau nilainya paling rendah akan diberikan alat kebersihan sebagai simbolisasi bahwa tempat kerja harus diperbaiki secara 5R nya. (Red : Rendi, Okt 2017)

Redaksi : Rendi Permadi

Tagged with: