Posted by VWA

Kick Off Bulan Built In Quality (BIQ): Do it right the first time

img

Dengan BIQ kualitas adalah tanggung jawab saya… Dengan BIQ kualitas adalah tanggung jawab saya..  Dengan BIQ kualitas adalah tanggung jawab saya.. kata-kata tersebut menjadi sebuah jargon yang digemakan oleh MC saat membuka acara. Kata-kata tersebut diungkapkan dengan penuh semangat untuk membakar semangat karyawan agar menjadi sebuah kesadaran bersama bahwa kualitas dimulai dari diri sendiri.

Ceremonial Kick Off bulan BIQ yang diselenggarakan oleh PT. Dharma Electrindo MFG (DEM) pada minggu kedua di bulan Oktober menjadi pengingat bagi seluruh karyawannya akan pentingnya menjaga sebuah kualitas. Tepat pada tanggal 12 Oktober 2017, CEO PT. DEM bersama dengan seluruh karyawan melaksanakan kick off BIQ. Bertempat di PT. DEM Plant Cirebon, kegiatan kick off BIQ dilaksanakan dengan antusias dan secara bersama menyatukan visi untuk berkomitmen “ZERO DEFECT/ZERO CLAIM”.

Mengutip dari pendapat ahli yang cukup populer dalam bidang Quality Management, berikut Philip Bayard mengemukakan bahwa “Quality is the result of a carefully constructed cultural environment. It has to be the fabric of the organization, not part of the fabric”. Melalui pernyataan tersebut, cukup jelas memberikan gambaran bahwa kualitas adalah hasil dari sebuah culture yang dibangun dan menjadi bagian dari sebuah organisasi. Pentingnya untuk selalu menjaga dan mengedepankan kualitas menjadi latar belakang dari diadakannya kegiatan kick off BIQ dengan tema “Do it Rights The First Time”.

Kegiatan BIQ dimulai tepat pada pukul 14.00 WIB.  Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran manajemen PT. DEM. Kegiatan dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC dengan menjelaskan secara singkat mengenai apa tujuan dari kegiatan kick off BIQ, mengapa perlu dilakukan BIQ, siapa saja yang berperan andil dalam BIQ, dan bagaimana  BIQ diterapkan. Kemudian disusul dengan sambutan Deputy Division Head Plant Cirebon, oleh bapak Suhariadi Wibowo. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan mengenai konsep 3M dan SCW. Konsep 3M merupakan sebuah singkatan yang terdiri dari, tidak menerima barang Not Good (NG), tidak membuat barang Not Good (NG), dan tidak meneruskan barang Not Good (NG).  Sedangkan konsep SCW adalah sebuah konsep yang harus dilakukan karyawan ketika menemui kejadian abnormal yang terjadi di tempat kerjanya. SCW kepanjangan dari Stop, Call, dan Wait. Penjelasan dari Stop, karyawan diharuskan menghentikan proses ketika terjadi abnormal. Kemudian Call, karyawan bertindak untuk menghubungi atau melaporkan kejadian abnormal kepada atasan/leader. Dan yang terakhir adalah Wait, karyawan harus menunggu atasan untuk membuat strategi dalam melakukkan problem solving dari kejadian abnormal.

Setelah sambutan dari Deputy Division Head Plant Cirebon selesai, dilanjutkan dengan message from President Director yang diwakili oleh ibu Renata Catur. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan penerapan BIQ dimulai dari unsur budaya Dharma “Displin”. Selanjutnya dilakukan penandatanganan komitmen BIQ yaitu “ZERO DEFECT/ZERO CLAIM”. Penandatangan komitmen ini dilakukan oleh semua manajemen dan semua leader di semua departemen. Kemudian, usai penandatanganan komitmen selesai, secara simbolik bapak Philipus Naftali selaku CEO PT. DEM membuka bulan Oktober sebagai bulan BIQ dengan  menabuh Gong sebanyak 3 kali dan melepaskan balon yang bertuliskan BIQ.