Posted by Superadmin

QCC Day “Let’s Work Together to Make Our Worksites Better!!”

img

                                                     

     Tepat pada tanggal 26 Januari 2017 kemarin, diadakannya kick off QCC (Quality Control Circle) Day di Dharma Precision Parts yang akan berjalan secara rutin seminggu sekali pada hari kamis pukul 15:30-16:00. Lalu apa sih QCC day itu ? Quality Control Circle atau yang biasa disingkat QCC adalah sejumlah karyawan yang terdiri dari 3-7 orang dengan pekerjaan yang sejenis yang bertemu secara berkala untuk membahas dan memecahkan masalah-masalah pekerjaan dan lingkungannya dengan tujuan meningkatkan mutu usaha dengan menggunakan perangkat kendali mutu (8 langkah & 7 tools). Peserta QCC day yaitu mulai dari level operator sampai unit head.

                                                                                   

   Setiap hari kamis sore karyawan akan di beritahukan untuk memulai kegiatan rutin QCC Day. Seluruh karyawan meninggalkan pekerjaannya untuk berkumpul menuju tempat yang telah di sediakan. Masing-masing karyawan duduk sesuai dengan kelompoknya per cell atau per divisi. Lalu mulai membuat tahapan demi tahapan QCC sesuai dengan permasalahan yang ada dalam lingkungan kerjanya.

                                                                                      

     QCC Day diawali dengan pembagian snack dan minuman untuk menambah semangat karyawan saat berkumpul/berdiskusi. Terlihat seluruh kelompok sangat antusias dan ikut berpartisipasi untuk memecahkan masalah yang ada. Saling berdiskusi, saling memberikan ide dan masukan satu sama lain. Di mulai dengan menentukan tema, memahami situasi saat ini, menetapkan target, menganalisa kondisi yang ada, membuat rencana perbaikan, melakukan perbaikan, mengevaluasi hasil, dan yang terakhir membuat standarisasi dan rencana berikutnya.

     Setelah selesai melakukan 8 tahapan dalam pembuatan QCC, akan ada presentasi dari masing-masing kelompok dan ada penilaian dari 3 orang juri level dept. Head (Engineering, HRD dan PPIC). Setelah itu akan ada pengumuman untuk kategori QCC terbaik 3 besar.

     Manajemen akan mengapresiasi karyawan yang telah berusaha membuat QCC, karena manfaat dari QCC tersebut sangat berpengaruh besar terhadap perusahaan. Bagi karyawan manfaat QCC bisa menjadi wadah atau sarana meningkatkan komunikasi yang baik antara sesama team dan berlatih untuk meningkatkan improvement dalam bekerja. Bagi perusahaan manfaat nya adalah terlaksananya peningkatan mutu, baik itu mutu produk, proses, delivery, safety, lingkungan perusahaan dan SDM, sehingga mutu yang dihasilkan akan efisiensi biaya. Maka dari itu kita harus bersemangat untuk melakukan improvement dan membuat lingkungan kerja kita menjadi lebih baik!!

 

Penulis : "Flaodia Khusnul"

Tagged with: