Posted by Admin DAC

Kita Merah Putih, Kita Indonesia

img

                Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi tradisi pesta seluruh rakyat. Pesta yang digelar di setiap lingkungan RT/RW, instansi pemerintah maupun swasta selalu diisi  dengan berbagai kemeriahan serta lomba-lomba yang unik dan meriah. Berbagai lomba tesebut, selain meriah, ramai, juga terkandung nilai-nilai perjuangan, kekompakan tim untuk meraih kemenangan.

                Di dalam sebuah perjuangan untuk meraih kemenangan, dibutuhkan suatu kemampuan tertentu. Di samping itu, lebih pernting lagi adalah sebuah Unity, persatuan, serta kekompakan dalam sebuah tim. Dengan tim yang kompak dan bersatu, akan lebih mudah dalam meraih sebuah kemenangan.

                Seperti halnya kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia. Berkat perjuangan tanpa pamrih para pahlawan, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dari penjajahan. Para pahlawan berjuang dengan dengan semangat persatuan yang kuat. Di setiap daerah, para pahlawan membuat perkumpulan yang kuat di setiap daerahnya masing- masing. Di Jawa, ada Jong Java, yaitu perkumpulan pelajar-pelajar dari Jawa, Madura, Bali dan Lombok bersatu dalam wadah ini. Ada juga perkumpulan lain yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti Jong Batak, Jong Minahasa, Jong Celebes, Jong Ambon, Sekar Rukun, Pemuda Kaum Betawi, dan masih banyak yang lainnya. Mereka merasa saling membutuhkan, dukungan untuk bisa bersatu demi kemerdekaan. Muncullah inisiatif untuk menggabungkan seluruh perkumpulan menjadi perkumpulan yang lebih besar.

                Tantangan pada jaman sekarang sudah berbeda. Bangsa Indonesia harus bersatu untuk meraih kesejahteraan serta kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia. Tantangan persaingan antar bangsa semakin ketat. Dengan adanya persatuan yang kuat, bangsa Indonesai akan semakin jaya, makmur, sejahtera dan dapat berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa besar di seluruh dunia. Keutuhan NKRI menjadi syarat mutlak untuk meraih cita-cita tersebut.

                Setelah sempat terjadi polarisasi, terkotak-kotak menjadi dua kubu yang saling berseberangan pilihan dalam pesta demokrasi pemilu 2019, kita harus kembali bersatu padu, bersama-sama berjuang untuk menciptakan suasana yang damai dan tentram. Dengan suasana yang damai dan tentram, maka kesejahteraan, kemakmuran serta kemajuan bangsa Indonesia akan lebih mudah untuk diraih. Kita harus bersatu padu, berjuang bersama-sama, karena KITA MERAH PUTIH, KITA INDONESIA.

Oleh: Nur Ngaini Aziz (DPA)