Posted by Superadmin

Genba Management PT. Dharma Precision Parts

img

Genba Management adalah program yang baru saja di jalankan oleh perusahaan di DPA tepatnya pada tanggal 20 Maret 2017 yang dilakukan oleh level section Head dan Dept. Head. Banyak dari kita yang belum tahu arti genba itu sendiri apa, apa tujuan serta manfaat nya bagi perusahaan. Disini saya akan membahasnya satu per satu. Genba berasal dari Bahasa Jepang yang artinya tempat/lokasi. Secara gampangnya arti genba adalah kunjungan atau peninjauan atau bisa juga disebut langsung turun ke lapangan untuk mencari data/fakta atau menyampaikan informasi. Berbicara dengan mereka (karyawan) tentang masalah-masalah aktual, menjadi pendengar keluhan-keluhan mereka dalam menjalankan pekerjaan, dan memberi motivasi untuk perbaikan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran sebenarnya tentang kondisi aktual di lapangan.

 

                                  

Manfaat dari pelaksanaan genba itu sendiri adalah untuk kebutuhan di lokasi lebih mudah diidentifikasi, dapat mengurangi perubahan-perubahan yang tidak perlu, manajemen dapat memperoleh solusi yang paling efektif dari pengamatan langsung terhadap masalah yang terjadi dan lain sebagainya.

Pelaksanaan genba di DPA, section/dept. Head akan melakukan genba setiap hari sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan. Biasanya jam 9 pagi pimpinan akan turun ke lapangan didampingi oleh PIC genba dengan memakai rompi safety dan membawa form checklist genba management. Yang isi nya terdiri dari unsur part/material/dokumen di area kerja yang berhubungan langsung dengan pekerjaan, yang diperlukan dan yang mudah dijangkau dan sesuai dengan kebutuhan, penempatan alat kerja, garis pemisah/penunjuk, kebersihan lokasi kerja, alat dan lingkungan kerja, kelengkapan pemakaian atribut kerja, APD (Alat Pelindung Diri) serta aktivitas MP (Man Power).

 

                                 

Pimpinan akan mengecek sesuai list dengan kondisi yang ada dilapangan. Jika terjadi suatu masalah perlu dilakukan penanggulangan langsung yang bersifat sementara agar efisiensi waktu tetap terjaga dan aktivitas kerja di genba tidak terganggu. Sebagian besar masalah di genba dapat diselesaikan segera dan langsung di tempat kejadian. Kemudian user yang bersangkutan akan melakukan tindakan perbaikan dan membuat standarisasi agar manajemen dapat menetapkan prosedur kerja atau metode penanggulangan masalah yang paling efektif dan efisien sesuai dengan deadline yang ditentukan. Manajer harus menjadi orang yang memahami keadaan di genba secara langsung agar mampu mengatasi berbagai masalah yang terjadi atau memunculkan ide-ide perbaikan yang dapat mendorong efektivitas dan efisiensi kerja. Dengan melakukan genba management secara rutin, karyawan pun menjadi semakin bersemangat karena ada perasaan diawasi dan senantiasa didengar.

 

Penulis : "Flaodia Khusnul"

Tagged with: