Posted by VWA

Coffee Time Leader: Saatnya Berbagi Cerita, Pengalaman, dan Pengetahuan

img

Terdapat pepatah bijak kurang lebih berbunyi demikian, pengalaman adalah guru terbaik yang mampu mengajarkan makna keberhasilan dan kegagalan dari sudut pandang yang positif. Pengalaman bisa didapatkan dari diri sendiri maupun dari orang lain. Mengingat pentingnya berbagi pengalaman, kami PT. DEM memfasilitasi para leader dengan kegiatan sesi sharing. Kegiatan ini diberi nama Cofffe Time Leader. Tujuan dari adanya kegiatan ini antara lain: 1) Memberikan kesempatan untuk sharing mengenai tantangan, peluang, dan bentuk perbaikan dalam aktivitas pekerjaan, 2) Melakukan review evaluasi performance melalui Individual Performance Plan (IPP), 3 Memberikan motivasi kepada GH & UH untuk meningkatkan performance kerja dan menaikkan nilai  pencapaian IPP, 4) Meningkatkan kontribusi aktif UH & GH Plant Cirebon dalam pelaksanaan Culture Perusahaan, dan 5) Mendapatkan wawasan baru, motivasi, dan message dari Direktur.

 

Coffe Time Leader, secara perdana diadakan pada hari Kamis (07/09/2017) di PT. DEM Plant Cirebon. Selanjutnya kegiatan ini akan diadakan sebulan sekali. Selain seluruh leader dari all departemen, kegiatan ini turut mengundang jajaran manager dan direksi. Acara yang diselenggarakan dengan konsep lesehan memberikan suasana kekeluargaan dan keharmonisan antara tim leader di lapangan dan manager. Adapun rangkaian acara dari kegiatan coffee time leader: 1) Pembacaan buku Dharma Culture, 2) Review IPP, 3) Review Rishou, 4) Session “Aku Bisa”, 5) Sharing Session, dan ditutup dengan Message from Director oleh ibu Renata Catur.

 

Pada sesi “Aku Bisa”, dibawakan oleh leader Untung. Dalam sharingnya, Untung membahas mengenai beberapa hal komitmen yang diterapkan di area kerjanya, yaitu komiten terhadap productivity, quality, autonomous maintenance, improvement, culture, dan development team.

 

Dinamika sharing dan diskusi pada kegiatan ini cukup hidup. Terlihat dari antuasias peserta baik leader maupun manajer yang mengajukan pertanyaan, sharing, dan memberikan usulan ide. Setelah sesi sharing akhirnya ditutup, sebelum message from director, Bapak Suhariadi Wibowo sebagai Deputy Division Head Plant Cirebon memberikan sambutan. “Pimpinan yang baik adalah pemimpin yang bisa mengajak yang dipimpin melakukan hal yang baik”, dengan tegas Suhariadi Wibowo dan memotivasi para leader yang hadir menutup message-nya.  Hingga di penghujung acara ditutup dengan message from director dari ibu Renata Catur.

 

Mengutip pendapat dari John Maxwell mengenai kepemimpinan. “Leadership is not about titles, positions or flowcharts. It is about one life influencing another”. Selanjutnya terdapat 7 langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai seorang pemimpin dalam mencapai keberhasilan, yaitu:

  1. Make a commitment to grow daily.
  2. Value the process more than events.
  3. Don't wait for inspiration.
  4. Be willing to sacrifice pleasure for opportunity.
  5. Dream big.
  6. Plan your priorities.
  7. Give up to go up.

Tagged with: