Posted by Superadmin

Dharma Andil Untuk Bumi

img

Salam Lestari,

Sejarah hari bumi atau Earth Day yang diperingati setiap tanggal 22 April diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Gaylord Nelson sejak tahun 1969. Saat itu Gaylord Nelson memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas.

            Tahun ini PT Dharma Polimetal turut andil dalam merayakan Hari Bumi. Perayaan tahun ini merupakan yang pertama kali dilakukan. Mengambil Tema "Dharma Andil Untuk Bumi", sesuai dengan salah satu culture Perusahaan yaitu Andil. Dengan dilangsungkannya acara ini, PT Dharma Polimetal mempunyai harapan yaitu berkontribusi dalam memperingati hari bumi serta menumbuhkan kesadaran dan kepedulian karyawan PT Dharma Polimetal terhadapa pelaksanaan pelestarian lingkungan. Kegiatan yang di inisiasi dan dilaksanakan kelompok pecinta alam PT  Dharma Polimetal yaitu Dharma Green Community dan oleh team HRD.

            Dalam pelaksanaannya ada 2 kegiatan yang dilakukan. Yang pertama adalah Aksi Hijaukan Dharma, merupakan aktivitas  penanaman pohon bersama di area perusahaan. Ada 25 Pohon yang ditanam dan semuanya merupakan jenis buah-buahan. Pohon tersebut merupakan sumbangan dari Board of Director, divisi, departemen dan Unit Kegiatan Karyawan serta dari Serikat Pekerja. Kegiatan dilakukan pada hari jum'at 20 april 2018. Dalam sambutannya pada acara Perayaan Hari Bumi, Presiden Direktur PT Dharma Polimetal Bapak Irianto Santoso menyatakan "Logo Perusahaan mengandung warna hijau, yang mempunyai filosofi warna lingkungan, maka PT Dharma Polimetal juga harus turut Andil dalam pelestarian Lingkungan". Beliau juga menyatakan "Setiap hal kecil positif yang kita lakukan terhadap bumi, akan berdampak untuk kehidupan kita beberapa tahun kedepan". Acara Aksi Hijaukan Dharma ditutup dengan penanaman Pohon bersama.

            Kegiatan kedua adalah Aksi Hijaukan Lingkungan. Merupakan penyumbangan 200 pohon bakau oleh perusahaan sebagai aktivitas sosial menghijaukan kecamatan Muara Gembong kabupaten Bekasi. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap aktivitas penghijauan di Kabupaten Bekasi. Kegiatan dilaksanakan pada minggu 22 april 2018.

Selain melakukan penanaman pohon bakau, karyawan juga mengumpulkan Donasi untuk Bakti Sosial anak-anak kampung beting, desa pantai bahagia kecamatan muara gembong. Letak kampung ini sekitar 70 km dari cikarang, jika menggunakan kendaraan bermotor memerlukan waktu tempuh 2 jam perjalanan ditambah 30 menit perjalanan yang hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor ditambah 15 menit perjalanan menggunakan perahu kecil.

            Semoga seluruh kegiatan peringatan Hari Bumi 2018 bukan yang yang pertama dan juga bukan yang terakhir dan juga bukan hanya sekedar perayaan saja, namun juga menyadarkan dan menyatukan manusia dalam upaya bersama menyelamatkan satu-satunya tempat tinggal kita bersama, planet bumi. Salam

For Nature and Humaity

Albet Colin Susinto  

Tagged with: